Most Popular

Selasa, 18 Januari 2011

Menggambar 3D Yu

| | Leave a Comment
Kali ini saya akan mencoba menggambar tangan dengan menggunakan 3ds max. pertama buka program 3ds max maka muncul tampilan seperti berikut
Untuk membuat tangan maka kita membutuhkan gambar tangan maka klik File lalu klik Open lalu pilih gambar tangan yang anda sudah buat maka akan tampil gambar sebagai berikut. Untuk memudahkan menggambar maka kita menggunakan top.

Lalu kita menggunakan box dengan cara klik box pada panel untuk menggambarkan tangan tersebut dimana box tersebut mempunyai length = 15.254 width 13.68 dan height = 3.148 maka akan seperti gambar berikut

lalu kita modifikasi box tersebut, kita pecahkan dalam beberapa bagian.dengan cara klik pada panel pilih modify. Tapi sebelumnnya kita nyalakan edged face supaya box tersebut bisa dipecah – pecah. Dimana length segs = 4, width segs = 4 dan height segs = 1 Maka akan seperti gambar berikut.

Supaya kita dapat mencocokan box dengan tangan maka klik kanan lalu pilih propertis lalu ceklis see throgh lalu ok maka akan seperti gambar berikut

Lalu kita akan mengedit titik dari box dengan cara klik modifiers lalu pilih mesh editing lalu pilih edit mesh
lalu akan muncul sebuah panel dari edit mesh lalu pada selection pilih yang ada titik. lalu kita blok pada titik yang ingin kita pindahkan atau yang ingin di edit lalu akan muncul sumbu x dan sumbu y dan sumbu z, lalu kita tarik ke tempat yang kita inginkan maka akan seperti gambar berikut

Lalu untuk untuk menggambar jari dari tangan tersebut kita bisa meneditnya dengan cara menambahkan box. Caranya yaitu klik terlebih dahulu titik yang tadi kita klik lalu pada modifier list kita turunkan lalu pilih edit mesh jadi kita mempunyai dua edit mesh lalu kita klik persegi untuk mengeditnya dan taruh pada bagian yang ingin di edit. maka akan seperti gambar berikut

Setelah menaruh pada bagian yang ingin di edit dan kita ingin menambahkan box maka kita turunkan ke bawah edit mesh yang tadi kita buat maka akan ada vertex, edge, face, polygon, element. Lalu pilih polygon lalu di bawah ada extrude untuk menambahkan maka akan seperti gambar berikut
Lalu untuk mengedit titik maka pilih vertex lalu blog titik yang ingin diedit lalu untuk menambahkan maka caranya seperti diatas maka akan seperti gambar berikut

Lalu kita membuat jari tengah caranya sama seperti diatas jadi nanti kita akan mempunyai 3 edit mesh kita menggambarkan jari tengah terlebih dahulu karena nantinya akan bisa di copy setelah kita menggambarkan jari tengah maka akan seperti gambar berikut

Untuk melihat gambar kita berbentuk maka klik kanan lali pilih propertis lalu kita hilangkan ceklis pada see through supaya tidak transparan lalu pilih pada modifier list pilih meshsmooth. Lalu pada subdivision amount pada iterasion kita naikan supaya tangan lebih berbentuk

Karena ini belum selesai maka kita hilangkan lagi meshmooth. Untuk menambahkan jari yang lainnya klik pada edit mesh yang ketiga yang untuk telunjuk lalu pilih polygon lalu blok yang ingin dicopy lalu klik kanan pilih move lalu ada pilihan pilih clone to element

Lakukan sampai semua jari terisi kita juga dapat mengedit jari yang kita copy bisa kita putar, dengan cara klik kanan lalu pilih rotate, dan kita juga bisa membesarkan atau mengecilkan dengan cara klik kanan lalu pilih scale lalu kita membutuhkan lagi edit mesh untuk mengedit titik dari jari yang tadi kita copy hingga menyatu lalu kita bisa menggunakan meshsmooth supaya tangan berbentuk seperti contoh diatas. Untuk menghilangkan garis kita dapat menonaktifkan edge face yang pada awal kita aktifkan. Untuk melihat hasilnya kita dapat rendering


0 komentar:

Posting Komentar